10 Cara Mempercepat Loading Blogger Kamu

10 Cara Mempercepat Loading Blogger Kamu



Loading blog kamu tentu saja akan mempengaruhi dari pengujung kamu, bayangkan jika blog kamu lemot loadingnya ketika ketika ada satu pengujung atau lebih dan mereka hendak mengunjungi situs kamu karena ingin membaca atau mencari artikel di blog kamu dan ketika mengunjungi salah satunya loadingnya lambat karena terlalu lama memunculkan content, nah ini tentu akan membuat pengunjung blog kamu kurang nyaman atau tidak betah, dan akhirnya beralih ke situs lain.

Untuk menanggulanginya kamu bisa dengan Mempercepat Loading Blog kamu, dengan adanya loading yang cepat banyak yang akan nyaman ketika mengunjungi blog kamu.

Sebenarnya Mempercepat loading blog ini cukup mudah dan sederhana, biasanya ini kesalahan blogger pemula atau blogger yang kurang tahu dengan memasang widget yang banyak sehingga membuat blog atau situs kamu menjadi lemot loadingnya.

Berikut adalah 10 Cara mempercepat loading pada blogger kamu, yang dapat dengan mudah kamu terapkan :

1. Dengan Memasang Lazy Load Pada Blogger

Lazy Load adalah sebuah script yang akan membuat blogger kamu menjadi lebih cepat khususnya akan membuat gambar pada blogger kamu tidak loading sebelum di sroll ke gambar yang di tuju.

Untuk memasang script Lazyload ini sangatlah mudah caranya copy script dibawah ini lalu pastekan di bawah kode </head>.


<script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/>
<script charset='utf-8' type='text/javascript'>
$(function() {
$(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder :
&quot;https://lh5.googleusercontent.com/_u4rBCfM4eII/TXksAi6R_OI/AAAAAAAABZY/2k63Mrtswf0/grey.png&quot;,threshold
: 200});
});
</script>

Note : Script diatas bisa saja memperlambat blog kami jika theme atau template yang kamu gunakan tidak cocok, maka dari itu kamu kamu bisa mencoba dahulu lalu kamu bisa copot script tersebut jika membuat loading blog kamu lambat.

2. Kurangi Penggunaan Widget Blog Yang Tidak DIgunakan

Nah ini bisanya kesalahan umum pada blogger pemula bahwasannya mereka terlalu sibuk mempercantik blog mereka tanpa peduli pada dampaknya, saking mereka terlalu fokus biasanya banyak widget yang mereka gunakan  dan ini akan berakibat memperlambat loading blog.

Jadi saya sarankan untuk mengurangi widget yang berlebihan gunakan secukupnya saja, ini  akan membuat blog kamu lebih ringan ketika diakses oleh pengujung. Jadi jangan mementingkan tampilan bahwasannya lebih penting content kamu.

Intinya jika content kamu isinya menarik maka pastinya pengujung akan banyak dan mencari artikel pada blog kamu.

3. Kurangi Jumlah Postingan Perpage

Jumlah Postingan perpage pada halaman hompage ini biasanya juga memperlambat blog, usahakan jumlah postingan dalam homepage maksimal adalah 8, ini tentunya akan memperingan loading blog kamu. 

Kamu bisa mengatur jumlah postingan pada Blogger kamu, silahkan ke Setalan > Pos dan Komentar, dari situ kamu bisa setting jumlah postingan perpage dalam homepage.

4. Kecilkan Ukuran Gambar

Untuk ukuran gambar thumbnail atau postingan blog kamu juga mempengaruhi loading, jika ukuran gambar semakin besar maka akan semakin memperlambat akses blg kamu. kamu bisa mengurangi ukuran gambar itu dengan ukuran yang responsive, misal 100px x 100px, 300px x 300px dll, dengan ukuran gambar yang responsive akan menjadikan loading lebih cepat.

Untuk alternatif lain kamu bisa mengcompress terlebih dahulu gambar yang akan kamu upload dalam blog kamu, untuk link mengcompress sudah banyak salah satunya http://compresspng.com/

5. Hilangkan Script Yang Tidak Diperlukan

Biasanya script disimpan di HTML blogger. Script yang seperti CSS, HTML, Javascript, dan lain lain kamu bisa menghapus yang tidak digunakan. dengan seperti itu blogger kamu akan menjadi lebih ringan. Ingat jangan sembarang menghapus karena jika kamu salah menghapus akan membuat blog kamu menjadi hancur dan berantakan.

6. Gunakan Template Yang Ringan dan SEO Responsive

Saat ini sudah banyak tempalate yang bagus Ringan, Seo, dan Responsive di internet ada yang berbayar dan ada yang free. kamu bisa pilih template yang menurut kamu itu ringan dan cepat, untuk melihatnya dengan Demo site bisanya situs penyedia tema sudah menyediakannya. Jika demonya cepat maka kemungkinan template nantinya akan ringan ketika kamu jadikan template di blog kamu.

7. Gunakan Background Blog Yang Polos


Jika blog dengan background gambar, otomatis gambar yang digunakan tersebut pasti berukuran besar, jika tidak pasti gambar tersebut akan menjadi blur, otomatis gambar yang berukuran besar tersebut akan memakan banyak waktu untuk menload gambar tersebut. Jadi saya sarankan untuk menggunakan background yang polos seperti warna hitam atau putih saja jangan menggunakan gambar


8. Kurangi Pemasangan Iklan Yang Berlebihan

Pemasangan iklan memang lah sangat tidak bisa di hindari untuk blog blog yang sudah banyak pengujungnya hingga ada yang satu page penuh akan postingan, perlu kamu ketahui pesangan iklan yang berlebihan ini juga mempengaruhi cepat lambatnya blog kamu.

Walaupun pemasangan iklan dengan jumlah banyak menguntungkan buat kamu, namun jika iklan yang di tampilkan banyak juga mempengaruhi kenyamanan pengujung apalagi iklan sampai menutupi artikel.

Gunakanlah iklan seperlunya saja dan pasang iklan pada tempat tempat yang kosong agar terlihat rapi pada blog kamu.


9. Simpan Script Pada Satu Hosting

Biasanya script akan di upload di hosting hosting agar tidak terlalu berat, namun jika sobat memasanganya pada hosting hosting yang berbeda, maka akan membuat blog sobat menjadi lebih lambat, jika bisa sih sobat jadikan file .js tersebut menjadi satu buah agar loading menjadi lebih cepat dan blog menjadi lebih ringan dari sebelumnya


10. Simpan Kode Js Di Atas kode </body>

Kode javascript adalah kode yang berbeda dari CSS, kode javascript akan berkerja dengan baik jika disimpan di atas kode </body> karena browser tidak akan menload kode js tersebut bila content tidak terload terlebih dahulu. sobat bisa memindahkan kode js tersebut di Edit HTML.



0 Response to "10 Cara Mempercepat Loading Blogger Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel