Tutorial Backup Website Di Cpanel



Backup sebelumnya bertujuan untuk menjaga keamanan file dan script pada situs atau website anda, Meski dari pihak provider share hosting kamu sudah melakukan System backup pada daily, weekly ataupun mounthly dan menerapkan bebarapa standar keamanan lainnya, Namun agar lebih aman dan baiknya kamu bisa melakukan Backup sendiri pada Cpanel kamu dan kamu download di komputer kamu. Hal ini bertujuan jika suatu saat share hosting yang kamu miliki Terminated, terkena Suspended karena Over due on payment, masalah adminitrasi, spam email dll. Karena biasanya beberapa provider hosting enggan memberikan data backup jika hosting sudah terminte.

Untuk itu agar kamu mempunyai daya Backup sendiri maka akan lebih aman dan nyaman jika kejadian diatas terjadi, Nah berikut Tutorial Backup Website Di Cpanel :

1. Silahkan bisa masuk ke cpanel kamu

2. Kedua silahkan bisa cari menu Backup.



3. Jika sudah masuk, klik Download a Full Website Backup




4. Jika sudah selanjutnya akan ke tampilan backup selanjutnya





  • Backup Destination adalah Penempatan hasil data backup yang diinginkan, jika Home Directory berarti data backup bisa kamu  lihat pada directory Home filemanager.
  • Email Address : masukan email address yang bertujuan untuk memberitahukan apabila proses backup sudah selesai, jika  tidak perlu dilakukan silahkan klik “Do not send email notification of backup compretion“.
  • Jika sudah klik Generate Backup untuk menjalankan proses backup.
5. Setalah proses backup sudah berjalan klik Go Back 


6. Jika proses Backup sudah selesai maka akan ada keterangan berikut


Maka setelah proses  Backup Website Di Cpanel diatas maka sudah selesai proses Backup di cpanel, untuk hasilnya bisa dilihat di cpanel dimenu Cpanel, file manager, di home atau didalam Public_html, sesuai dengan Penempatan hasil data backup yang diinginkan tadi. 

0 Response to "Tutorial Backup Website Di Cpanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel